Bupati Tampik Kabupaten Probolinggo Termiskin Ke-4 se Jatim

Foto, Kantor Bupati Probolinggo, Ys/urbanjatim.com

Urbanjatim.com, Probolinggo – Berdasarkan data rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS), Kabupaten Probinggo menduduki peringkat ke 4 Daerah termiskin di Jawa Timur, dengan jumlah angka kemiskinan mencapai 17,76%.

Diatas Kabupaten Probolinggo, ada Kabupaten Bangkalan, lalu Sumenep dan Sampang sebagai daerah pertama yang paling miskin. Dengan predikat ini, posisi Kabupaten Probolinggo tidak beranjak sebagai daerah termiskin keempat sejak tahun 2018 lalu.

Dengan data itu, Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari mengelak Kabupaten Probolinggo disebut sebagai daerah termiskin ke 4 di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Sebaliknya Bupati mengatakan, rakyat Kabupaten Probolinggo saat ini jauh lebih baik dalam segi ekonomi, pasalnya pendapatan perkapita penduduk sudah semakin naik.

“Tujuh belas koma sekian persen angka kemiskinan itu tidak betul. Karena rakyat Kabupaten Probolinggo lebih dari satu juta jiwa, yang dijadikan sampel oleh BPS hanya tak sampai seribu KK (Kepala Keluarga, red). Artinya, data itu tidak memotret masyarakat secara kaffah (real, red),” terang Tantri, Minggu (23/2)

Selanjutnya, Alasan bahwa Kabupaten Probolinggo bukan daerah miskin, bisa dilihat dari pendapatan per kapita penduduk yang justru terus mengalami kenaikan.

“Sebetulnya kalau kita bandingkan dengan misalnya Kabupaten Bondowoso atau Situbondo, sebetulnya posisi rakyat Kabupaten Probolinggo itu lebih makmur. Tetapi karena garis kemiskinannya lebih tinggi, artinya biaya hidupnya lebih tinggi, membuat seolah-olah jumlah penduduk pra sejahteranya lebih banyak,” tuturnya.

Meski demikian, Tantri mengapresiasi langkah BPS, yang menurutnya bisa membuka pintu bagi pemerintah daerah untuk berdiskusi secara mendalam terkait Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) pada Maret mendatang.

“Semoga susenas di Maret depan, mampu terselesaikan dengan baik dan mampu memotret secara baik potret dari Kabupaten Probolinggo,” Pungkasnya. (Ys)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here