Cerdaskan Santri Di Bidang Pertanian, Lewat Ngaji Tani Akbar

Cerdaskan Santri Di Bidang Pertanian, Lewat Ngaji Tani Akbar

urbantimes.id – Ngaji Tani Akbar dan Musyawarah Santri (Munas) Tani Nusantara berlangsung cukup meriah di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, di Desa Karangbong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo.

Gelaran acara yang bertema “Implementasi Nawa Cita Dalam Pengembangan Potensi Desa & Pesantren menuju Kedaulatan Pangan” digelar di Gor Damanhuri Romly Pesantren Zainul Hasan Genggong, pada Sabtu-Minggu (25-26/1/2020).

Inisiator “Ngaji Tani Akbar dan Munas Santri Tani Nusantara,” Gus Dr. Moh. Haris Damanhuri Romly mengatakan, pada prinsipnya diadakan Ngaji Tani Akbra, bertujuan untuk membangkitkan tahan pangan kembali ke Pesantren.

“Maka dari itu, acara ini digelar dengan kolaborasi dengan Pesantren lainnya. Agar masyarakat pesantren juga bisa pintar dalam segala bidang, terutama untuk bidang pertanian,” kata Gus Haris di sela-sela kegiatan Ngaji Tani Akbar.

Dengan gelaran seperti ini, Putra sulung Pengasuh Pesantren Genggong, Nyai Hj. Diana Susilowati ini berharap, tidak hanya masyarakat ataupun santri yang pintar dalam bidang pertanian, akan tetapi juga para kiyai di Pesantren juga bisa memahami.

“Maka dari itu, berhubung ini baru pertama, jadi perlu ada tahapan. Mungkin selanjutnya skala seperti ini akan lebih besar lagi. Maka dari itu kami libatkan seluruh Pesantren dan pakar,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Brawijaya, Prof, Dr. Nuhfil Hanani, yang turut hadir, mengapresiasi adanya Ngaji Tani Akbar yang dilaksanakan oleh Pesantren. Ia berharap, Ngaji Tani Akbar seperti ini, harus bisa lebih maju dan juga terus tumbuh kedepannya.

“Disamping untuk dijadikan sebagai media dakwah pesantren kepada para tani atau kepada masyarakat, juga bisa mengajari bagaimana cara bertani yang benar. Terlebih santri tani, juga harus menjadi target utama agar bisa tumbuh,” paparnya. (sfl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here