Polisi Siapkan Pasal Berlapis Bagi Masyarakat yang Nekad Keluyuran di Tengah Darurat Covid-19

AKBP. Ferdy Irawan, Kapolres Probolinggo saat memimpin Apel di Mapolres Probolinggo. Faisol/Urbanjatim.com

Urbanjatim.com, Probolinggo – Kepolisian Republik Indonesia turut berupaya melakukan langkah penanganan penyebaran pandemi virus Corona atau Covid-19. Tidak segan-segan, akan ada jerat pidana lewat pasal berlapis untuk warga yang masih bandel keluyuran dan berkumpul di ruang publik.

Kapolres Probolinggo,mengatakan selama masa siaga darurat corona ini masih berlangsung, maka masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan aktifitas diluar rumah.

“Jika sudah ada pengumuman resmi dari pemerintah, bahwa masa darurat corona telah berakhir, silahkan kembali beraktifitas seperti biasanya. Namun untuk saat ini, kami minta warga menahan diri dan tidak berkeliaran,” Jelas AKBP Ferdy Irawan, Kapolres Probolinggo Rabu (25/3).

Jika masih ada warga yang membandel, pihaknya tak segan-segan untuk memberikan tindakan tegas. Hal itu berlaku bagi masyarakat yang keluyuran atau nongkrong tanpa ada kepentingan yang sifatnya sangat mendesak.

“Apabila ada masyarkaat yang bandel dan tidak mengindahkan personel yang bertugas untuk kepentingan negara dan masyarkat, kami akan menindak tegas dengan 212 KUHP, pasal 126 dan 218.” Tegas Kapolres.

Ancaman pidana ini terkait dengan peratutan dari Pemerintah RI dan maklumat dari Kapolri, Jenderal Idham Aziz, pelarangan keluyuran dan nongkrong di luar rumah ini sebagai langkah pencegahan penyebaran Virus Corona Covid-19 di Masyarakat.

“Dengan hanya berdiam di rumah penyebaran virus Corona setidaknya bisa ditekan karena kita tak mengetahui siapa saja yang menjadi pembawa virus ini.” Tutup Kapolres. (Fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here