3 Warga Kabupaten Probolinggo Positif Covid-19

Urbanjatim.com, Probolinggo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, mengumumkan 3 orang warganya yang positif terinveksi Covid -19. Jum’at malam (10/04).

“Kami diuji dengan Kluster Sukolilo (asrama haji, Red) yang dibeberapa daerah banyak yang positif (Covid 19, Red),” kata Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari saat melakukan Jumpa Pers di Pendapa Kabupaten Probolinggo.

Tantriana mengatakan, Pemkab Probolinggo mengirimkan 10 peserta untuk mengikuti pelatihan petugas haji di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, 8-19 Maret 2020.

Saat Covid 19 dari Kluaster Sukolilo merebak, Pemkab Probolinggo melakukan tracing dan rapid test terhadap mereka. Yaitu pada 27 Maret dan 6 April.

Pemkab juga mengirimkan Swab ke Satgas Covid 19 Pemprov Jatim. “Hasilnya, ada tiga orang yang terkonfirmasi positif mengidap Covid 19,” katanya.

Sementara tujuh peserta lain, swab belum turun. Namun kondisi mereka dilaporkan sehat dan tanpa keluhan apapun. Begitu juga dengan tiga petugas haji yang dinyatakan positif.

Karena itu, ketiganya tidak menjalani rawat inap di rumah sakit. “Karena memang tidak memerlukan perawatan. Cukup isolasi mandiri,” ujarnya.

Tapi dengan pertimbangan optimalisasi dan memudahkan pengawasan, yang bersangkutan kini berada di rumah pengawasan. Ketiganya, merupakan tenaga kesehatan (2 orang) dan seorang tokoh agama (ustadz).

Dengan adanya tiga warga yang positif Covid 19, status Kabupaten Probolinggo berubah. Jika sebelumnya zona kuning, kini menjadi zona merah. (Fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here