Berkedok menjadikan korban sebagai pegawai Bank, oknum PNS ini diciduk Polisi

Berkedok menjadikan korban sebagai pegawai Bank, oknum PNS ini diciduk Polisi

urbanjatim.com – PROBOLINGGO – Polres Probolinggo mengamankan Mamik Suryaningsih (38) warga Desa Wonorejo kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo, pasalnya Mamik diduga telah melakukan tindakan penipuan terhadap Siti Komariyah (23) warga Desa Brabe Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo.

Tersangka yang juga sebagai salah satu tenaga pengajar yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Probolinggo itu, dilaporkan atas dugaan penipuan dengak kedok akan menjadikan korbannya sebagai pegawai Bank, namun dengan syarat meminta uang sebesar Rp. 30 juta.

“Kejadian itu terjadi pada tahun 2018 lalu, dan pelaku menjanjikan pekerjaan kepada korban untuk dijadikan sebagai karyawan Bank dengan cara memberikan sejumlah uang,” Terang Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto, Minggu (26/01).

Setelah korban menyerahkan sejumlah uang yang diminta kepada pelaku, pelaku berjanji dalam kurun waktu 5 bulan terhitung pada saat pelaku menerima uang dari korban, pelaku menjanjikan korban sudah menjadi karyawan di Bank.

Diketahui, korban menyerahkan uang kepada pelaku pada 17 Agustus 2018 lalu, Namun hingga saat ini korban masih belum menjadi karyawan di Bank seperti yang dijanjikan oleh pelaku sebelumnya, nah karena korban belum mendapatkan pekerjaan sebagai pegawai Bank, maka korban meminta kembali uang yang sudah diserahkan kepada pelaku sejumlah Rp.30 Juta Rupiah, namun oleh pelaku tidak di kembalikan.

“Korban langsung melapor ke kami, dan kami langsung meringkus tersangka Mamik, dan membawanya ke Mapolres Probolinggo untuk diamankan,” ujar Kapolres.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun kurungan penjara. (ikh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here