Dinkes Kabupaten Probolinggo dan GAIN Sosialisasi 10 LMKM, untuk Genjot Pemberian ASI Eksklusif

Assisten I, Tutug Edi Utomo saat melakukan sambutan, Faisol/Urbanjatim.com

Urbanjatim.com, Probolinggo – Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo bersama dengan Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN), melakukan sosialisasi 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (LMKM), di Ruang Pertemuan Pesanggrahan Semampir Kraksaan, Selasa (03/03).

Adapun 10 LMKM dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Kebijakan peningkatan pemberian air susu ibu.
  2. Pelatihan bagi petugas tentang kibajakan peningkatan pemeberian air susu ibu.
  3. Penjelasan tentang manfaat menyusui dan talaksananya dimulai sejak masa kehamilan, masa bayi lahir, sampai umur 2 tahun.
  4. Membantu ibu mulai menyusui bayinya dalam 60 menit setelah melahirkan di ruang bersalin.
  5. Membantu ibu untuk memahami cara menyusui yang benar dan cara mempertahankan menyusui meski ibu dipisah dari bayi atas indikasi medis.
  6. Tidak memberikan makanan atau minuman apapun selain ASI kepada bayi baru lahir.
  7. Melaksanakan rawat gabung dengan mengupayakan ibu bersama bayi 24 jam sehari.
  8. Membantu ibu menyusui semau bayi semau ibu, tanpa pembatasan terhadap lama dan frekuensi menyusui.
  9. Tidak memberikan dot atau kempeng kepada bayi yang diberi ASI.
  10. Mengupayakan terbentuknya Kelompok Pendukung ASI di masyarakat.
Suasanan Sosialisasi 10 LMKM

Mewakili Bupati Probolinggo, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Pemkab Probolinggo, Tutug Edi Utomo, dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari pelaksanaan sosialisasi kegiatan 10 LMKM ini meliputi, Melakukan sosialisasi Program 10 LMKM kepada Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, OPD terkait dan Pejabat di fasilitas kesehatan Kabupaten Probolinggo.

“Selanjutnya bisa memberikan informasi kepada pimpinan fasilitas kesehatan terkait pelaksanaan 10 LMKM faskes yang ada di Kabupaten Probolinggo, dan Memberikan informasi kepada pengambil keputusan di tingkat kabupaten, terkait manfaat pelaksanaan Program 10 LMKM dengan peningkatan cakupan pemberian asi ekslusif dan penurunan stunting di Kabupaten Probolinggo”. Ujarnya

Ia berharap, output dalam kegiatan ini bisa memberikan pemahaman kepada organisasi pemerintah daerah (OPD) terkait dan pimpinan fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Probolinggo, terkait 10 LMKM.

“Harapannya semua peserta yang meliputi perwakilan dari OPD terkait dan pimpinan fasilitas kesehatan bisa memahami 10 LMKM, sehingga terjalin komitmen untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam program 10 LMKM.” Pungkas mantan kepala Dinas Kominfo Pemkab Probolinggo ini. (Fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here