Gunakan Ijazah Palsu, Abdul Kadir di Vonis 1 Tahun, 4 Bulan Kurungan Penjara, dan Denda Rp. 30 juta.

Abdul Kadir saat menjalani persidangan. Ms/urbanjatim.com

Urbanjatim.com, Probolinggo – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kraksaan, menjatuhkan vonis 1 tahun 4 bulan kurungan penjara, dan denda Rp.30 juta terhadap Abdul Kadir, terdakwa kasus penggunaan ijazah palsu, Kamis (13/02).

Pada sidang yang dilaksanakan di Ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan ini, dipimpin oleh Gatot Ardian Agustriono, menyatakan Abdul Kadir resmi dinyatakan bersalah karena melanggar melanggar Pasal 69 ayat 1 UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dengan itu, Abdul Kadir divonis dengan 1 tahun 4 bulan (16 bulan) kurungan penjara, dan denda Rp.30 juta rupiah, namun jika denda itu tidak dibayar, maka akan diganti dengan tambahan 3 bulan kurungan penjara.

Vonis yang dijatuhkan hakim itu terbilang lebih ringan dari tuntutan yang dilayangkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) , Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo, yakni 2 tahun kurungan penjara, dan denda sebesar Rp. 50 juta. Karena terdakwa Abdul Kadir dinilai kooperatif selama menjalani masa persidangan, dan masih belum pernah terlibat dalam kasus kriminal sebelumnya.

Hosnan Taufiq, Kuasa hukum Abdul Kadir mengatakan, akan melakukan koordinasi dengan tim kuasa hukum dan keluarga dari kliennya, untuk mengambil sikap terkait vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim terhadap Abdul Kadir.

“Kami diberikan rentang waktu satu minggu oleh majelis hakim, untuk menyikapi dan mengambil langkah terhadap putusan ini, dan kami akan memanfaatkan waktu itu sebaik mungkin dengan cara melakukan koordinasi dengan tim lawyer dan keluarga klien saya, kira-kira langkah apa yang tepat untuk Abdul Kadir.” Ucap lawyer dengan rambut klimis itu.

Diketahui, Abdul Kadir menjadi terdakwa dalam kasus penggunaan ijazah palsu Paket C. Dokumen ijazah itu, digunakan saat maju sebagai calon legislatif (Caleg) dari Partai Gerindra dalam pemilu 17 April 2019 lalu. Ia ditahan oleh Satreskrim Polres Probolinggo pada Oktober 2019 lalu. (ms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here