Harga Gula Pasir Tinggi, Pedagang dan Pembeli Mengeluh

urbanjatim.com – Beberapa bahan pokok di pasaran sudah mulai naik, terlebih harga Gula, yang harga naik sejak sekitar dua bulan yang lalu di pasar tradisional Semampir, Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan.

Yayuk (45) salah satu pedagang pasar Semampir mengatakan, saat ini harga Gula di pasaran sudah mencapai kisaran Rp.13-14 ribu perkilogram. Menurutnya, harga tersebut sudah rata-rata diambil pedagang.

“Sudah hampir dua bulan harganya segitu, kalau perkiraan sejak sebelum tahun baru. Tapi ada juga pedagang yang ngambil harga 13. 500 perkilo,” kata Yayuk saat ditemui di lapak jualannya.

Sementara untuk harga biasanya, lanjut wanita asal Kelurahan Semampir ini, harga jual gula pasir di pasar Semampir berada di kisaran Rp. 11-12 ribu perkilogram. Hal ini membuat para pembeli banyak yang mengeluh.

“Meskipun naiknya sekitar 2000, tapi uang itu segitu bagi para pembeli sangat berharga, apalagi bagi ibu-ibu rumah tangga,” tutur Yayuk sambil melayani pembeli di lapak jualannya.

Terpisah, kenaikan harga gula dikeluhkan oleh Sumiati (38) salah satu pembeli di Pasar Semampir, menurutnya, kenaikan harga dirasakan oleh para ibu rumah tangga. Terlebih bagi warga yang perekonomiannya menengah kebawah.

“Kalau untuk ibu rumah tangga yang ekonominya stabil, saya rasa tidak terlalu jadi masalah, tapi kalau seperti masyarakat miskin, itu banyak yang keberatan. Apalagi gula itu bahan pokok,” tutur Sumiati.

Sehingga, perempuan dua anak ini berharap, ada perhatian khusus dari pihak pemerintah untuk mencarikan solusi atas naiknya harga gula. Sehingga masyarakat bisa membeli bahan pokok yang lainnya.

“Sudah sekitar dua bulanan harganya naik. Saya harap ada perhatian dari pemerintah, sekiranya harga gula kembali normal seperti biasanya,” harap perempuan asal, Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan ini. (sfl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here