Kontes Ternak 2020, Bupati Bondowoso Berikan Apresiasi Kepada Para Peserta

Urbanjatim.com, Bondowoso – Upaya Pemkab bondowoso, Jawa Timur rupanya tak main-main dalam menggalakkan program inseminasi buatan ternak. Ini di buktikan dengan diadakannya pagelaran kontes Ternak hasil inseminasi buatan oleh Pemkab Bondowoso dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan yang dilaksanakan di Alun-Alun Kecamatan Tegalampel pada Rabu, 30 September 2020.

Kontes ternak tersebut di ikuti oleh 80 kontestan, namun yang masuk kriteria hanya 40 kontestan dari 23 kecamatan di Kabupaten Bondowoso yang telah tercatat di pihak panitia penyelenggara. Hal ini membuktikan animo peternak sapi hasil inseminasi buatan di Pemkab Bondowoso sangat tinggi.

Panitia penyelenggara dalam hal ini Dinas Pertanian Bondowoso membagi beberapa kelas kontes ternak sapi hasil Inseminasi Buatan (IB). Antara lain, Kelas pedet jantan, Kelas pedet betina, Kelas calon induk, Kelas induk, kelas calon kereman
Kelas kereman.

Acara ini di hadiri langsung oleh Bupati Bondowoso K.H. SALWA ARIFIN yang mana beliau juga sangat mendorong program IB yang di lakukan oleh Dinas Pertanian sebagai harapan mewujudkan Bondowoso sebagai lumbung ternak di Jawa Timur.

Kontes ternak Bondowoso 2020 juga di sambut hangat oleh masyarakat Kecamatan Tegalampel. Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin menjelaskan, kontes ternak kali ini bertujuan untuk mengembangkan subsektor peternakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat dalam masa Pandemi Covid 19.

“Walaupun kontes ternak tahun ini tidak sama dengan kontes tahun lalu, yang mana mana kondisinya dalam keadaan Pandemi Covid 19 namun tak menyurutkan niat para kontestan dan saya sangat mengapresiasi kegiatan ini yang masih tetap mematuhi protokol kesehatan”. Ujar Bupati KH. Salwa Arifin.

Adapun tujuan berikutnya, untuk menggugah minat masyarakat, dan memotivasi peternak dalam memproduksi ternak berkualitas. Juga untuk meningkatkan ekonomi dan sumber daya manusia dalam masa Pandemi Covid 19. Pemerintah nantinya juga akan memperhatikan para peternak sapi pinggiran yang mana masih banyak yang membutuhkan bantuan untuk pengembangan ternak mereka.

“Kami akan upayakan para peternak pinggiran untuk mendapatkan bantuan,agar para peternak pinggiran ini mampu untuk mengembangkan ternaknya dengan baik”. Ungkapnya.

Dalam hal pengembangan peternakan di Bondowoso, pemerintah akan terus mensupport para peternak untuk mendapatkan bantuan. Apalagi tahun sebelumnya pemerintah sudah memberikan program suntik sapi bunting yang nantinya akan terus di lanjutkan di tahun 2021. (Sbh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here