Launcing Bantuan Sosial Beras KPM PKH Kabupaten Bondowoso

Urbanjatim.com, Bondowoso – Rabu, 23 September 2020 berlokasi di Gudang Beras Bulog Jalan mastrip No.44 Desa Kembang Kecamatan Bondowoso dilaksanakan Launching BSB untuk KPM PKH Kabupaten Bondowoso. Pertimbangan Kementerian Sosial dalam pemberian bantuan sosial ini adalah untuk membantu kelangsungan hidup dan pemenuhan sebagian kebutuhan pangan keluarga miskin pada masa pandemi Covid 19 yang pelaksanaannya akan diberikan bantuan sosial beras selama 3 (tiga) bulan.

Sesuai PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PEMBERDAYAAN SOSIAL NOMOR 322 TAHUN 2020 TENTANG PETUNJUK TEKNIS BANTUAN SOSIAL BERAS TAHUN 2020. Sasaran Program BSB adalah KPM PKH yang terdaftar bulan Juli 2020, mereka akan menerima BSB pada bulan September 2020 sebanyak 30 (tiga puluh) kilogram per KPM dan 15 (lima belas) kilogram per KPM utk bulan Oktober dengan total penerima 10.000.000 (sepuluh) juta KPM yang bersumber dari Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Bondowoso Irwan Bachtiar dan Rachmat serta dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial, Kepala BULOG Bondowoso, Korwil Jatim 1 PKH, Jajaran Dinas Sosial Bidang perlindungan dan Jaminan Sosial, Koordinator Daerah PKH, KorCam PKH Se Kabupaten Bondowoso, PT. DNR sebagai transporter.

Dalam sambutan pembukaannya, wakil Bupati menyampaikan Harapannya terkait BSB agar tepat sasaran, menjaga kualitas beras yang diterima KPM. “dampak Covid 19 ini banyak warga yang miskin tambah miskin” ungkapnya. Untuk itu perlu diberikan beras yang layak konsumsi.

Bagi SDM PKH disampaikan harapannya terkait DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang merupakan data kemiskinan yang dikelola oleh pemerintah pusat dimana Pusdatin kemensos sebagai _leading sector_ yang menangani data tersebut. “Tolong, verifikasi lagi, karena masih banyak warga yang masuk DTKS adalah warga keluarga mampu, tidak layak dapat bantuan.” Imbuh wakil Bupati. Kita harus berani coret, karena kami (Pemerintah Daerah) akan membersihkan data DTKS dari data yang tidak layak menerima dan data yang warga meninggal. Pendamping Sosial PKH harus benar benar selektif, harapan beliau karena ini salah satu bentuk bukti negara hadir memperhatikan rakyatnya dengan memberikan beras untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk Kabupaten Bondowoso sendiri penerima BSB terdaftar sebanyak 63.631 KPM PKH yang _eligible_ pada Bulan Juli 2020 yang tersebar di 23 kecamatan. Rencana penyaluran BSB ini akan dilaksanakan selama 10 hari kedepan.

Pemukulan Gong sebagai tanda bukti dimulainya penyaluran Program BSB di kabupaten Bondowoso hari ini diiringi dengan tepuk tangan dan laju 23 truck pengangkut menuju 3 Kecamatan yaitu kecamatan Bondowoso, Kecamatan Tenggarang, dan Kecamatan Curahdami. (Af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here