Mendapat Asimilasi, Abdul Kadir Bebas

Abdul Kadir (berkaos hitam) berfoto bersama dengan Husnan Taufiq Berbaju Putih sesaat setelah Abdul Kadir tiba dirumahnya. (istimewa)

Urbanjatim.com, Probolinggo – Terdakwa kasus penggunaan ijazah palsu, Abdul Kadir akhirnya bisa menghirup udara segar, pasalnya pria yang juga mantan anggota DPR-D Kabupaten Probolinggo dari Partai Gerindra itu bebas dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II.B Kraksaan melalui Program Asimilasi dan integrasi di tengah pandemi Covid-19.

“Iya mas, Senin 25 April 2020 Kemarin kami membebaskan 5 warga binaan melalui program Asimilasi, salah satunya Abdul Kadir.” Ungkap Muhammad Kafi Kepala Rutan Kelas II.B Kraksaan. Rabu (27/05).

Menurut Kafi, Abdul Kadir sudah menjalani separuh dari vonis yang dijatuhkan oleh Hakim,  dan sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan program Asimilasi.

“Bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah kemarin, Abdul Kadir mendapatkan remisi 15 hari, nah setelah kami hitung, ternyata Kadir sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan Asimilasi yakni sudah menjalani separuh dari masa tahanannya, dan pada keesokan harinya yakni pada senin 25 Mei 2020 Abdul Kadir kami bebaskan bersama dengan 4 orang warga binaan lainnya, jadi total ada 5 warga binaan yang saat itu mendapatkan Asimilasi.” Tegas Kafi.

Disamping itu Hosnan Taufiq, Kuasa Hukum Abdul Kadir juga membenarkan jika kliennya tersebut sudah bebas dan saat ini sudah berada di rumahnya.

“Kami atas nama mas Kadir, mengucapkan terimakasih kepada Kepala Rutan Kraksaan,  telah memberikan program Asimilasi, separuh dari vonis sudah ia (Abdul Kadir, Red) jalani, dan saat ini sudah bebas Alhamdulillah.” Terang Husnan.

Diketahui, Abdul Kadir dinyatakan bersalah dengan tuduhan menggunakan ijazah palsu pada saat mengikuti kontestasi Pileg 2019 lalu.

Hakim menjatuhkan vonis terhadap Abdul Kadir dengan 1 tahun 4 bulan kurungan penjara, dan Abdul Kadir sudah menajalani masa tahanannya sejak tanggal 4 Oktober 2019 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here