Penggunaan Dana Desa (DD) Tidak Tepat Sasaran

Urbanjatim.com, Jember – Di tengah gencarnya kemanfaatan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) yang sangat membantu masyarakat di masa pandemi, diduga terdapat pengalihan yaitu BLT- DD untuk kegiatan lain. Penggunaan anggaran kegiatan BLT-DD desa pocangan Kecamatan sokowono Kabupaten jember dialihkan untuk kegiatan pembangunan MCK. Hal tersebut diungkapkan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) pembangunan fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK), haji rahbini, 02/09/2020.

haji rahbi menyatakan, pembangunan MCK menggunakan sebagian dari BLT-DD. “Pembangunan ini menggunakan anggaran BLT-DD, karena tinggal bugitu gak di teruskan. Dan belum masuk Surat Pertanggungjawaban (SPJ) pelaksanaan MCK. Pembangunan selanjutnya akan dilakukan perubahan perencanaan”.

Hasil investigasi dilapangan, pelaksanaan proyek pembangunan fasilitas MCK Tahun Anggaran 2020, di Dusun sumber tengah Desa pocangan, pembangunan MCK belum juga rampung. Ditambah timbul masalah baru di masyarakat setempat lokasi MCK, tepatnya di RT 014 di Dusun sumber tengah Desa pocangan.

Masyarakat RT 014 Dusun sumber tengah menyatakan gorong-gorong yang akan dipasang belum di apa apakan, sehingga gorong-gorong belum dapat dipasang.
Masyarakat juga menyatakan, jika pembangunan MCK tersebut belum selesai dikarenakan anggaran sudah habis.

Ketua LSM MADURA BERSATU (MABES) membenarkan telah menerima informasi dari temuan anggotanya di lapangan, terkait dugaan pengalihan BLT-DD untuk kegiatan pembangunan MCK. “Saya telah menerima informasi dan keluhan masyarakat Desa pocangan sokowono terkait pelaksanaan BLT-DD penanganan covid-19, diduga dialihkan peruntukkannya untuk pembangunan MCK.

Menurutnya, hal itu dapat menjadi atensi Pemkab Jember, khususnya Inspektorat, untuk melakukan monitoring mengenai teknis di pelaksanaan penyaluran BLT-DD yang diduga dialihkan untuk pembangunan MCK. “Tentunya LSM MADURA BERSATU (MABES) akan segera melakukan konsultasi kepada Inspektorat Pemkab Jember, terkait regulasi penyaluran BLT-DD, apakah BLT-DD dapat diperuntukkan untuk kegiatan lain atau pembanguan MCK”.

“Pernyataan TPK Desa Pocangan Sukowono sedang kita dalami, kalau benar itu seperti pernyataanya tentang penggunaan BLT-DD untuk kegiatan MCK. Tentunya Inspektorat akan menindak lanjuti jika diduga pengalihan anggaran BLT-DD untuk kegiatan lain, tidak sesuai peraturan perundang-perundangan berlaku, saya yakin Inspektorat tidak ada main-main,” terangnya. (Eb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here