Perayaan Imlek 2020, Pasukan Buah Naga Minim Di Kabupaten Probolinggo

urbanjatim.com – Mundurnya musim penghujan pada tahun 2019 berakibat kepada mundurnya panen buah naga dengan sistem organik di Kabupaten Probolinggo, akibatnya pasokan buah naga organik dalam perayaan imlek tahun ini diperkirakan menurun.

Hal itu dijelaskan oleh Suharyono, salah satu petani buah naga di Desa dan kecamatan paiton kabupaten probolinggo, menurut suharyono ia biasanya sudah bisa memanen buah naga miliknya pada bulan Oktober, namun pada Januari 2020 ia masih belum bisa memanen buah naga yang ada dikebunnya itu.

hal itu dikarenakan mundurnya musim hujan yang terjadi pada tahun 2019 kemarin, dan hal itu menurut suharyono berdampak kepada waktu panen buah naga karena pada saat 2019 kemarin musim kemarau sangat panjang dan mengakibatkan buah naga miliknya sangat kekurangan suplay air dan berimbas kepada mundurnya proses pembuahan.

“Waktu tahun 2019 lalu musim kemarau sangat panjang, dan berimbas kepada kurangnya pasokan air kepada buah naga yang saya tanam mas, jadi buah naganya terlambat untuk berbuah,” Terang Suharyono kepada wartawan Urbanjatim.com, Kamis (23/01).

“Seharusnya, Lanjut Suharyono, pada bulan 10 (red, Oktober 2019) sudah mulai musim panen, dan sekarang sudah Januari masih belum panen,”

suharyono mengatakan pada perayaan imlek tahun lalu buah naga miliknya sudah beberapa kali panen dan sudah memasuki masa pungkas panen namun pada perayaan imlek tahun ini ia masih belum bisa memanen buah naga satu kali pun

“Ya mas, Pastinya pada perayaan Imlek 2020 ini pasokan buah naga pasti menurun mas, ya karena telatnya musim panen itu,”

nah hal itu juga menurut suharyono berdampak kepada harga buah naga dipasarang yang melambung tinggi sampai 2 kali lipat dari harga normal yakni berkisar Rp.10.000 perkilogram yang semula hanya Rp. 5.000 perkilogram

“Untuk harganya mas, lumayan tinggi sekarang, berkisar Rp. 10.000 per kilo, kalau biasanya Rp. 5.000 per kilo.” Pungkas Suharyono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here