Petani Tembakau Menjerit, LSM LIRA dan Petani di Probolinggo Lakukan Audiensi dengan DPR-D

Urbanjatim.com, Probolinggo – LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Probolinggo bersama dengan para petani tembakau mendatangi kantor DPR-D Kabupaten Probolinggo, Kamis (03/09/2020).

Kedatangan mereka bertujuan untuk melakukan audiensi dengan Anggota DPR-D Kabupaten Probolinggo tentang tidak nasib para petani tembakau di Kabupaten Probolinggo.

“Daun tembakau saya sampai menguning di pohonnya tidak saya panen pak, karena tidak ada yang membeli, seandainya jika ada yang mau membeli berapapun harganya pasti akan saya berikan pak.” Ujar Hosen salah satu petani tembakau asal kecamatan Maron.

Hal itu terjadi dikarenakan sampai saat ini gudang tembakau masih belum buka, sehingga tembakau petani sampai membusuk di pohonnya.

“Biaya menanam tembakau sangatlah besar pak, apalagi pupuk yang sangat mahal, dan itu sangat menyiksa kami para petani.” Tambahnya.

Sementara itu, Samsuddin Bupati LIRA Kabupaten Probolinggo mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengawalan dan pendampingan kepada para petani untuk terus memperjuangkan hak-hak para petani.

“Kami datang kesini (Kantor DPR-D Kabupaten Probolinggo, red) bersama dengan para petani untuk mengawal hak para petani, terutama para petani tembakau, yang mana sampai saat ini tembakau mereka masih belum laku, hal itu dikarenakan masih belum adanya gudang tembakau yang belum buka.” Ujarnya.

Jika tuntutannya tidak didengar oleh DPR-D, pihaknya mengancam akan melakukan aksi turun jalan dengan para petani di Kabupaten Probolinggo.

“Jika tuntutan kami tidak di dengar maka kami bersama petani akan melakukan aksi turun jalan.” Tutupnya

Sementara itu, Sugito Ketua Komisi 2 DPR-D kabupaten Probolinggo mengatakan, pihaknya akan berkomitmen untuk terus mengawal aspirasi para petani yang ada di Kabupaten Probinggo.

“Kami akan berusaha mengawal aspirasi para petani dan LSM Lira, karena hal itu memang merupakan tugas dan tanggung jawab kami.” Ujar Sugito.

Ia mengatakan akan melakukan sidak kepada gudang-gudang tembakau yang tidak hadir pada acara hearing yang dilaksanakan pada Rabu (02/09/2020) kemarin.

“Mudah-mudahan kedatangan LSM LIRA dan para petani ini bisa menambah semangat saya dan teman-teman DPR-D untuk selalu membela dan memperjuangkan rakyat.” Tutupnya. (Fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here