Semarak Milad SMK AL Khoiriyah ke-V: “Paradigma Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0”

Foto Bersama, usai dilaksanakannya acara peringatan Milad, dan Orasi Ilmiah.

Urbanjatim.com, Tulungagung- Senin, (10/02/2020), Genap lima tahun sudah, usia Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Khoiriyah yang berada di Dusun Nglegok, Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung.

Sebagai, ungkapan syukur kepada Tuhan yang maha esa, dalam usia kelima ini SMK Al Khairiyah menggelar acara seremonial dan penyampaian orasi ilmiah oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag, selaku Direktur Pasca Sarjana Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Tulugagung, dengan tema “Paradigma Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0”.

Turut hadir pula, Ketua Yayasan Al Khoiriyah Habib Hamid Bin Ahmad Al Muhdlor, Ketua Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Al Khoiriyah,   H. Manan. A.MA, Kepala SMP Islam Al Khoiriyah   Supriadi, M.Pd. Kepala SD Islam Al Khoiriyah Aris Satullailin Nikmah, S.Pd, Kepala TK Al Khoiriyah Indasyah, S.Pd, Kepala PAUD Al Khoiriyah Isna Wahyuni, S.Th.I,

Selanjutnya dari instansi kepolisian juga hadir, Kapolsek Sumbergempol, AKP I Nengah Suteja, hadir pula dari Danramil Sumbergempol, Lettu Inf. Hariyanto, serta Camat Sumbergempol, Galih Nusantoro, S. Stp, MM.

Dalam sambutannya, kepala sekolah SMK Al Khoiriyah, Tintus Arianto, M.Pd.I, memberikan apresiasi kepada dewan guru, staf Tata Usaha (TU) dan peserta didik yang mendapat prestasi ringking.

“Kegiatan ini tidak akan terlaksana tanpa, kerja sama, bahu membahu, dari semua elemen SMK Al Khoiriyah, maka dari itu saya sampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada dewan guru, Staf TU, yang telah susah payah mempersiapkan acara ini dengan baik.” Ujarnya diatas podium.

Kedepan, Tintus berharap agar semarak milad ini bisa terlaksana setiap tahunnya, “ saya berharap, acara semarak milad ini, bisa diselenggarakan setiap tahun, dan bisa menjadi kegiatan rutinan dalam tiap tahunnya”. Tambahnya.

Dalam sambutannya, beliau juga menuturkan betapa pentingnya pendidikan di era globalisasi ini. “saat ini, guru serta siswa dihadapkan dengan zaman globalisasi, yang mana perkembangan zaman sangatlah pesat, sehingga para dewan guru dituntut untuk mendidikan para siswa sesuai dengan perkembangan zaman, maka pada setiap generasi akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul serta mampu menjawab tantangan zaman,” Tegas  Tintus Arianto.

Disamping itu, dalam orasi ilmiahnya, Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag., mengemukakan, bahwasanya SMK Al Khoiriyah merupakan rancangan dari para Habaib dan hal itu mejadi poin lebih yang dimiliki oleh SMK Al Khoiriyah disbanding dengan lembaga lainnya,  “SMK ini adalah lembaga yang didirikan oleh Habaib, InsyaAlloh banyak keberkahan yang akan menghampiri bagi mereka yang mau mengabdi dengan ikhlas dan sabar. Seperti semboyan yang sudah familiar di lingkungan yakni “Podo Rukun, Podo Ngabdi”. Ungkap Prof Akhyak.

Semboyan itu mempunyai makna yang dapat menjadi pemersatu pada masing-masing lembaga pendidikan formal maupun pondok pesantren. “kedepan, saya yakin yayasan ini bisa berkembang pesat dalam mengelola pendidikan formal dan pesantren”. Ucapnya dengan yakin.

Kemudian, peserta didik ditingkat SMK, harus mempunyai kecerdasan kognitif, afektif, psikomotorik dan kecerdasan tahan banting. ”Dalam artian kalian harus tangguh, ulet, patang menyerah untuk meraih prestasi yang sesuai dengan kondisi sosial saat berlangsung.” Tegas Direktur Pasca Sarjana IAIN Tulugagung ini kepada para siswa SMK Al Khoiriyah.

“Jadilah manusia yang tidak takut akan tantangan atau hambatan yang menghadang disetiap langkah kehidupan. Harus tetap mempunyai spirit perjuangan melangkah kedepan sehingga mampu mengangkat derajat orang tua, sekolah beserta lingkungan sekitar”. Pungkasnya kepada para siswa. (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here