Terbukti Lakukan Pungli, Ahmad Haris Kades Jabung Candi, di Vonis 16 Bulan Penjara

Kades Ahmad Haris saat dilakukan Pemeriksaan di Polres Probolinggo, Fs/urbanjatim.com

Ubanjatim.com, Probolinggo – Kepala Desa Jabung Candi Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo non-aktif, Ahmad Haris terdakwa kasus pungutan liar (Pungli), terhadap pengurusan akta jual beli tanah (AJB) di vonis 1 tahun 4 bulan dan denda Rp. 50 Juta.

Vonis itu dijatuhkan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor), Surabaya, pada sidang dengan agenda pembacaan putusan, Senin (24/02).

Dalam sidang putusan itu menyatakan, bahwa Ahmad Haris terbukti bersalah melakukan pungli. Sehingga majelis hakim menjatuhkan vonis hukuman penjara selama 1 tahun 4 bulan dan denda Rp 50 juta. Apabila denda tidak dibayarkan, maka hukuman Haris ditambah sebanyak 6 bulan.

Dari data yang berhasil dihimpun urbanjatim.com, vonis yang dijatuhkan pada Kades Haris lebih ringan jika dibandingkan tuntutan dari jaksa penuntut umum (JPU) pada sidang sebelumnya. dengan mengajukan tuntutan 2 tahun kurungan penjara dan denda Rp 50 Juta.

Sementara itu, Kuasa Hukum Ahmad Haris, Mustadji mengatakan, putusan yang dijatuhkan terhadap kliennya itu dinilai terlalu berat, namun demikian pihaknya menghormati keputusan hakim dalam persidangan.

“Sebenarnya putusan ini memberatkan klien saya, namun setelah berkoordinasi dengan terdakwa dan keluarganya, klien kami menerima putusan hakim, sehingga kami pun menghormati putusan hakim dan tidak akan melakukan banding,” Jelas Mustadji.

Sementara itu, Duralim, korban sekaligus pelapor mengaku kecewa dengan putusan majelis hakim, pasalnya putusan itu dinilai sangat ringan dan sama sekali tidak sebanding dengan apa yang sudah dilakukan oleh terdakwa terhadapnya.

“Dengan vonis 1 tahun 4 bulan itu kami sebagai pelapor sekaligus korban merasa kecewa mas, karena vonis itu terlalu ringan, dan tidak sebanding dengan apa yang dilakukan oleh terdakwa kepada saya mas, dan juga vonis itu jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan tuntutan dari jaksa penuntut umum kemarin mas.” Ungkapnya.

Diketahui, Polres Probolinggo menahan Ahmad Haris, pada Oktober 2019 lalu, atas laporan Duralim, yang merupakan Perangkat Desa Jabung Candi dengan dugaan pungli dalam pengurusan akta jual beli tanah milik duralim sebesar Rp. 120 juta. (Fs)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here