Uji Tanak BSB KPM PKH Kabupaten Bondowoso

Urbanjatim.com, Bondowoso – Selasa, 22 September 2020, BSB adalah angin segar bagi KPM untuk mengurangi beban hidup keluarga. Selama masa pandemi Covid 19 ini para KPM PKH memang belum tersentuh oleh program pemerintah yang khusus diberikan sebagai upaya pemerintah dalam penanganan Covid 19 ini. Program intensif ekonomi dan bantuan sosial lainnya sudah banyak digelontorkan, namun sasaran penerimanya adalah bukan peserta PKH.

Namun berdasarkan instruksi Presiden dan ditindaklanjuti oleh Kementerian Sosial melalui Dirjen Pemberdayaan Sosial maka disalurkanlah BSB (Bantuan Sosial Beras) bagi KPM PKH. Direncanakan KPM PKH akan menerima bantuan beras selama 3 bulan yaitu bulan Agustus, September, dan Oktober 2020 dimana masing masing akan menerima 15 Kg per bulan. Pelaksanaan di bulan september ini para KPM PKH akan menerima 30 Kg beras, dan bulan berikutnya di Oktober akan menerima 15 Kg beras.

Sebagai uji kualitas beras BULOG yang akan disalurkan di Kabupaten Bondowoso, telah dilaksanakan UJI TANAK BSB untuk KPM PKH. Pihak BULOG sesuai yang disampaikan oleh kepala BULOG menyatakan bahwa sangat berterima kasih dengan program BSB ini, karena ada perputaran simpanan beras di BULOG dan bisa melakukan penyerapan gabah dan beras petani di kawasan Bondowoso dan Situbondo sehingga program beras di BULOG tetap terjamin.

UJI TANAK dilakukan dengan mengambil sample beras yang diambil secara acak dari tumpukan beras yang ada di gudang BULOG. Kemudian dilakukan penanakan beras tersebut yang nantinya akan dicoba bersama apakah beras yang akan disalurkan ini masih layak konsumsi.

Dihadiri juga oleh Kadinsos dan Jajarannya, PT. Dosniroha (PT.DNR), Korwil Jatim 1 PKH, SDM PKH Kab. Bondowoso di salah satu gudang di kawasan perkantoran GBB BULOG Bondowoso. Peserta yang hadir membahas teknis pelaksanaan di lapangan, dan membahas tugas dan kewenangan masih masing pihak. Dalam BSB ini ada 3 pihak yang berperan, yaitu BULOG sebagai penyedia Beras , PT. DNR sebagai transporter yang mengantarkan beras dari Gudang BULOG ke KPM, Dinas Sosial dan SDM PKH sebagai pelaksana di lapangan untuk memastikan tepat sasaran penerima , kualitas dan jumlah beras yang disampaikan, serta pengawasan dan pengaduan.

Korwil Jatim 1 PKH, Bapak M. Zainul Arifin dalam arahannya menyatakan bahwa ini adalah Program Nasional, pastinya ada yang senang ada juga yang benci. Banyak pihak pasti mencari celah untuk menjelekkan program. Adalah tugas kita untuk memastikan bahwa KPM PKH menerima beras mereka baik tepat jumlah dan tepat sasaran. Pendamping PKH yang tahu siapa dan dimana, wajah Ibu-ibu KPM, karena pendamping sosial PKH yang selalu berhubungan dan menjalin komunikasi dengan mereka. Jaga diri dan persiapkan alat pelindung diri di masa pandemi Covid 19 ini. Jaga kesehatan dan jalin kerjasama serta kolaborasi dengan aparat di Kecamatan dan Desa.

Mari kawal BSB ini agar Sukses dan berjalan lancar, salam SIP
Salam PKH….Meraih Keluarga Sejahtera ujar Zainul Arifin. (Af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here