5 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo dengan ODR Tertinggi

Data rilis Peta sebaran Covid-19 Pemkab Probolinggo, (istimewa)

Urbanjatim.com, Probolinggo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, merilis peta sebaran Covid-19 di tiap kecamatan di Kabupaten Probolinggo, pada Minggu (22/03).

Dilansir dari data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, ada lima kecamatan yang terdapat orang dengan resiko (ODR) tertinggi, dan itu dikarenkan sejumlah masyarakat baru pulang dari ibadah umrah.

Kecamatan dengan jumlah ODR tertinggi yakni Kecamatan Paiton diketahui sebanyak 53 warga. Selanjutnya Kecamatan Gading, sebanyak 25 orang, Sukapura 20 orang, Kraksaan 15 orang, dan terakhir Kecamatan Tiris, sebanyak 14 orang.

“Data sebelumnya Sukapura memang tertinggi kedua setelah Paiton ODR-nya. Namun bukan karena itu kawasan wisata. Melainkan ada warganya yang baru pulang ibadah umrah,” kata Juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Anang Budi Yoelijanto.

Anang menegaskan, agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Di antaranya, social distancing, isolasi mandiri di rumah, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Karena menurutnya semua warga sebetulnya berpotensi untuk menularkan atau tertular Covid-19.

“Jika tidak ada kepentingan yang sangat mendesak, alangkah baiknya untuk tetap di rumah. Karena virus ini penyebarannya cepat sekali. Bisa saja seseorang tetap nampak sehat, walaupun sudah terpapar. Kondisi ini, memungkinkannya untuk menjadi penyebar virus pada individu lainnya,” Pungkas Anang.(Yf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here