Cegah DBD, Desa Kertonegoro Lakukan PSN dengan 3M Plus

Foto Kegiatan PSN 3M Plus, Desa Kertonegoro Pakuniran Probolinggo, Ms/Urbanjatim.com

Urbanjatim.com, Probolinggo- Memasuki musim hujan, salah satu penyakit yang dikhawatirkan adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Pencegahan DBD sendiri dilakukan melalui program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) lewat 3M Plus, seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kertonegoro Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo, Sabtu (8/2).

PSN 3M Plus ini diantaranya, menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, menutup rapat tempat-tempat penampungan air dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

Sementara plusnya merupakan kegiatan pencegahan DBD lainnya seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah serta menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk dan lain sebagainya.

Abd Rahman, Kepala Desa Kertonegoro mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pencegahan dan Pengendalian penyakit DBD di Desa Kertonegoro. Dengan melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus.

“Ini merupakan kegiatan yang kami lakukan untuk memberantas nyamuk yang bisa membawa penyakit DBD,” Ujar Rahman, Sabtu (8/2).

Ia berharap, dengan kegiatan ini, masyarakat desa Kertonegoro terbebas dari serangan nyamuk Aedes Aegypti yang bisa membawa penyakit Demam Berdarah (DBD).

“Sekarang musim hujan mas, nyamuk pasti banyak, dan kami berharap, masyarakat Desa Kertonegoro bisa terbebas dari serangan Demam Berdarah. ” Pungkas Abd Rahman. (Ipl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here