Dalam rangka Hari Pangan Sedunia”Bulog Bondowso Pastikan Stok Beras Aman”.

Penjelasan Kepala Bulog Bondowoso Rudi Prasetya.

Urbanjatim.com, Bondowoso – Tanggal 16 Oktober telah di tetapkan sebagai Hari Pangan Sedunia dan tepat pada hari ini Jum’at 16 Oktober 2020 merupakan hari pangan sedunia.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, Hari Pangan Sedunia 2020 menyoroti terkait pangan dan pertanian adalah bagian penting dari tanggapan tehadap Covid-19. Adanya peringatan Hari Pangan Dunia adalah untuk meningkatkan kesadaran akan masalah di balik kemiskinan dan kelaparan khususnya bagi masyarakat Bondowoso.

Menindak lanjuti hal tersebut, Kepala Bulog Bondowoso Rudi Prasetya menjelaskan bahwa untuk persediaan beras mencapai 13.695 Ton, selain itu Bulog Bondowoso juga menangani daerah Situbondo yang menyediakan stok beras berkisar 7.775 Ton. Dari jumlah stok yang ada di peroleh dari petani dan penggilingan.

“Untuk hari ini kita punya beras cadangan 13.695 Ton dan untuk Situbondo 7.775 Ton, Insyaallah cukup untuk kebutuhan di tahun 2020 ini”. Ungkapnya.

Untuk pelayanan pendistribusian Bulog Bondowoso lebih kepada stabilisasi harga di pasaran yang berkisar dari 20 sampai 50 Ton tiap hari. Sedangkan untuk harga beras medium antara 8 sampai 9 ribu, untuk beras premium bisa mencapai diatas 10 ribu tergantung kualitasnya.

“Mengingat hari ini tidak adanya program restra, jadi Bulog lebih kepada stabilisasi harga di pasaran. Untuk pendistribusiannya yang mencapai 20 sampai 50 Ton perhari” terangnya.

Dalam hal lain Bulog di berikan kepercayaan oleh pemerintah untuk memberikan bantuan sosial beras kepada masyarakat. Namun, bantuan ini bnyak menuai persoalan terkait kwalitas beras yang dianggap kurang oleh masyarakat.

“Memang dalam hal pendistribusian di masyarakat ada keluhan, namun setelah di jelaskan oleh PKH bahwa beras yang ada adalah kwalitas medium. Sehingga di berikan solusi mau di kembalikan atau di terima, pada akhirnya masyarakat menerimanya”. Ungkapnya.

Kepala Bulog Bondowoso berharap untuk ketahanan pangan di Bondowoso lebih maksimal lagi di tahun depan, agar masyarakat lebih sejahtera lagi. Untuk itu peran Bulog dalam hal ini sangat di perlukan apalagi saat ini masih dalam masa Pandemi Covid 19. (Hans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here