Desa Kertonegoro Kecamatan Pakuniran Probolinggo, Launching Desa Sehat Mata

Urbanjatim.com, Probolinggo – Desa Kertonegoro Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo melakukan peresmian desa sehat mata, nah bersamaan dengan itu Desa Kertonegoro juga melakukan peresmian Kampung Tangguh Semeru yang dikemas dalam acara selamatan Desa Kertonegoro, Selasa 18 Agsutus 2020.

Bersamaan dengan HUT RI yang ke-75, acara launching dilangsungkan dengan pelaksanaan apel yang diikuti oleh perangkat desa dan seluruh kader PKK di Desa Kertonegoro dengan menerapkan protokol kesehatan

Kepala Desa Kertonegoro Abd Rahman mengungkapkan setiap tahun selama ia memimpin Desa Kertonegoro selama 5 tahun terakhir, nah pada tahun ini ia bekerjasama dengan Paramitra Jawa Timur untuk melakukan program Desa sehat mata yang disingkat GESERMAS dan pada saat itu pulalah dilakukan peresmian Kampung Tangguh Semeru.

“Peresmian Desa sehat mata, yang kami kemas dalam rangka selamatan desa, karena sudah menjadi tradisi selama saya memimpin di Desa Kertonegoro ini.” Ungkapnya.

Nah dengan ditunjuknya Desa Kertonegoro sebagai desa sehat mata kades abd rahman berharap bisa memotivasi masyarakatnya untuk menjaga kesehatan mata terlebih bisa terhindar dan sembuh dari katarak yang sewaktu-waktu bisa mengakibatkan kebutaan.

“Kami bekerjasama dengan Paramitra Jawa Timur, mengadakan kegiatan sehat mata, harapannya kedepan mudah-mudahan warga Kertonegoro bisa menjaga semaksimal mungkin kesehatan khususnya dari segi mata, Alhamdulillah kemarin kami berhasil melakukan operasi mata terhadap warga yang memiliki katarak, dan semua itu berkat kejasama dengan Paramitra Jawa Timur.” Lanjutnya.

Disamping itu Muhammad Fadholi, Koordinator Wilayah Program I-SEE (Inklusif System for Effective Eye Care) Paramitra Jawa Timur mengungkapkan, mekanisme palaksanaan desa sehat mata ini pihaknya akan memeberikan pelatihan serta edukasi kepada seluruh perangkat desa karang taruna serta kader posyandu tentang kesehatan mata

“Kita akan terus melakukan pendampingan untuk merubah perilaku masyarakat untuk menajga kesehatan mata serta selalu melakukan pencegahan kebutaan yang dikarenakan oleh katarak melalui sosialisasi serta dilakukan pemeriksaan, dan rujukan kepada puskesmas atau rumah sakit untuk dilakukan operasi jika ditemui ada masyarkaat yang terpapar katarak. “ungkapnya. (Fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here