Kali Bayeman Meluap, Rendam Puluhan Rumah Warga di Tongas Probolinggo

Banjir setinggi 70 sampai 1 meter rendam rumah warga di Tongas (foto BPBD Kabupaten Probolinggo)

Urbanjatim.com, Probolinggo – Akibat hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah di Kabupaten Probolinggo, membuat debit air di kali Bayeman Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo meluap, akibatknya puluhan rumah warga di Desa Bayeman, terendam banjir, Jum’at (21/02).

Sedikitnya ada 40 rumah di Dusun Bayeman Tengah, Dusun Wetan Gilingan, Dusun Jaringan dan Dusun Tambak terendam banjir, dengan ketinggian antara 70 cm hingga 1 meter.

Banjir terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, air masuk ke rumah-rumah warga karena sungai tak mampu menampung debit air yang terus meningkat.

Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi mengatakan, luapan kali Bayeman ini dikarenakan telah terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga deras dari daerah Kecamatan Sukapura, yang menyebabkan debit air di Kali Bayeman meluap kerumah warga setempat.

“Banjir yang terjadi di Desa Bayeman itu adalah banjir kiriman dari wilayah Kecamatan Sukapura, yang sedang di guyur hujan dengan intensitas sedang sampai deras, dan mengakibatkan Kali Banyeman tidak dapat menampung debit air yang cukup tinggi, akhirnya meluap ke rumah-rumah warga yang ada di sekitaran kali Bayeman.” Ujar Anggit.

Anggit memastikan, hingga pukul 17.50 WIB, debit air di Kali Bayeman masih tinggi, dan petugas TRC dari BPBD sudah turun ke lokasi banjir untuk melakukan assassement.

“Saat ini, tim dari BPBD sudah di lokasi untuk melakukan assassement.” Pungkasnya. (Fs)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here