Meresahkan Pengguna Jalan, SATPOL-PP Amankan 7 Anjal

Kapok : Ke-tujuh Anjal saat membaca Al-Fatihah dan Pancasila, Fs/Urbanjatim.com

Urbanjatim.com, Probolinggo – Kerap kali meresahkan pengguna lalu lintas di jalan raya pantura Probolinggo-Situbondo, 7 anak Jalanan (Anjal) di amankan oleh Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kabupaten Probolinggo.

Mereka di amankan di sekitaran alun-alun kota Kraksaan, saat tengah menunggu kendaraan truk yang melintas. Diketahui 6 anjal berasa dari Kabupaten Probolinggo, yang empat masih di umur. 1 anjal berasal dari Kabupaten Lumajang Rabu, (19/02).

Diketahui ke-enam anjal yang berasal dari Kabupaten Probolinggo, ialah, A (18) MF (19) MA (18) MR (16), mereka semua berasal dari Kecamatan Krejengan, D (29) asal Kecamatan Kraksaan dan MU (20) asal Kecamatan Bantaran, Sementara 1 anjal perempuan ialah, KY (21) asal Kabupaten Lumajang.

Harryanto, Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (KUKM) Satpol PP Kabupaten Probolinggo, mengatakan, pengamanan anjal itu dilakukan, setelah pihaknya mendapatkan laporan pengguna yang resah akibat ulah dari Anjal itu.

“Kami menerima laporan dari call center 112,  bahwasanya para pengguna jalan dan masyarakat sekitaran Kraksaan resah akibat adanya anjal ini, mereka sering menunggu kendaraan dari pinggir jalan hingga ke tengah jalan alias menghadang kendaraan untuk ia tumpangi ke tempat tujuannya,” Ujar Harry.

Kemudian ketujuh anjal itu, langsung dibawa ke Markas Satpol PP untuk dilakukan pendataan, selanjutnya para Anjal itu juga diberikan hukuman berupa membaca Surah Al-Fatihah, dan membaca Pancasila, Kemudian, akan diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) setempat untuk dilakukan pembinaan lanjutan.

“Selanjutnya, kami lakukan pendataan, dan kami suruh mereka membaca Surah Al-Fatihah dan membaca Pancasila, hal itu dilakukan untuk menanamkan ke-imanan dan ke-bangsaan dalam diri mereka masing-masing, dan selanjutnya kami akan serahkan kepada Dinas Sosial (DINSOS) Kabupaten Probolinggo, untuk diberikan pembinaan lebih lanjut.” Pungkasnya. (Fs)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here