Pandemi Covid-19 ; Pelaksanaan Posyandu Dan Emo-Demo Dilakukan Door to Door di Desa Gebangan Krejengan Probolinggo

suasana pelaksanaan Posyandu dan Emo-Demo door to door

Urbanjatim.com, Probolinggo – Pandemi virus corona membuat sejumlah kegiatan tidak bisa dilaksanakan. Termasuk kegiatan posyandu, Namun kini pelaksanaan posyandu dan emo-demo mulai kembali berjalan didesa Gebangan Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo dengan cara door to door.

Sejumlah kader posyandu di desa setempat kompak menggunakan masker dan berkeliling kampung. Di antara mereka ada yang membawa timbangan portable dan buku catatan. Mereka menyambangi satu per satu rumah yang ada anak bawah lima tahun (balita) dan ibu hamil.

“Pelaksanaan posyandu dan emo-demo sempat vakum karena pandemi virus corona. Makanya, sekarang kami berinovasi dengan cara mendatangi rumah satu per satu. Mengingat tidak boleh kumpul-kumpul,” jelas Nunuk Nutrisionis Puskesmas Krejengan, Selasa (21/07/2020).

Nunuk menjelaskan melalui posyandu dan emo-demo keliling ini ia menilai lebih efektif karena seluruh balita akan kita datangi oleh kader posyandu satu persatu.

“Kalau sebelumnya diselenggarakan pada satu tempat, belum tentu semuanya berangkat. Di samping itu, kita mengikuti imbauan pemerintah agar tetap di rumah saja. Biarkan kami para kader yang keliling, nah dengan begini semuanya menyeluruh mas, Posyandu dapat dan pelaksanaan Emo-Demo juga tersampaikan mas” jelasnya.

Meski begitu, para kader tetap memperhatikan protokol kesehatan setiap kali melaksanakan tugasnya.

“Saat kita keliling ini juga menjadi sarana kami untuk sosialisasi kepada ibu dan anak mengenai penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) mulai dari menggunakan masker hingga cuci tangan pakai sabun, serta mengonsumsi makanan bergizi, dan Emo-Demo untuk porsi makan bayi dan anak.” Pungkasnya. (fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here