Polres Situbondo, Ringkus Pelaku Pencurian HP

Kompol Zein Mawardi, Saat melakukan Press Realese di Halaman Mapolres Situbondo. Arj/urbanjatim.com

Urbanjatim.com, Situbondo – Polres Situbondo merilis Sahwari alias Wawar warga Desa Kumbang Sari, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jum’at (07/02).

Sahwari ditangkap usai mencuri sebuah Handphone (HP), milik sarkawi warga Desa Curahkalak, Kecamatan Jangkar, Kabupaten setempat pada perayaan tahun baru 2020 (01/01).

“Kronologinya, pada 1 Januari 2020 dini hari sekira pukul 04.00, pada saat itu korban sedang tertidur pulas, dan pelaku memasuki rumah korban melalui jendela rumah yang tidak terkunci”. Ungkap Kompol Zein Mawardi, Waka Polres Situbondo, Jum’at (07/02).

Setelah pelaku berhasil memasuki rumah korban, barulah korban mengambil Handphone (HP) yang berada di atas meja di ruang tamu korban.

“Setelah pelaku masuk ke dalam rumah, barulah pelaku mengambil sebuah unit HP merk Oppo F11 pro lengkap dengan dosbooknya yang berada di meja ruang tamu, dan langsung kabur melalui jendela yang sama pada saat masuk” Jelas Zein.

Dari hasil pemeriksaan, ternyata pelaku pernah beberapa kali terlibat tindak pidana, seperti pencurian hewan dan pernah menjalani hukuman penjara.

“Motif pelaku adalah ekonomi yaitu terbelit hutang, pelaku pernah dihukum penjara sebanyak 4 kali dan kasus yang saat ini adalah yang kelima kalinya”, lanjut Zein.

Akibat perbuatannya itu, Pelaku dijerat dengan pasal 363 ayat 2 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun kurungan penjara. (Arj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here