Warga Keluhkan Data E-Ktp Ganda “Dispeduk Akui Proses Hapus Data Memang Lama”.

Urbanjatim.com, Bondowoso – Pembuatan E-Ktp yang di alami oleh salah satu warga Desa Sumber Tengan Dusun Krajan cukup menguras waktu, pasalnya proses pengerjaanya yang butuh waktu lama. Waktu melakukan perekaman yang muncul bukan datanya sendiri melainkan data orang lain yang tidak dikenalnya. Warga yang enggan di sebut namanya ini menuturkan bahwa sudah lama sekali menunggu proses penghapusan datanya. Bahkan dia sudah 2 kali melakukan perekaman namun masih tetap saja orang lain yang muncul.

“Saya sudah lama menunggu proses penghapusan datanya, namun sampai saat ini belum kunjung selesai. Saya sudah 2 kali melakukan proses perekaman ulang tapi hasilnya masih saja orang lain yang muncul”, Ujarnya.

Saat di temui di kantor Dispenduk Bondowoso Jum’at 02/10/2020 warga Krajan ini menyampaikan bahwa hari ini sedang mengurusi lagi pembuatan E-Ktp nya. Namun lagi lagi harus pulang dengan tangan kosong, mengingat warga ini harus menunggu 2 Minggu lagi untuk pembuatan E-Ktp nya.

” Hari ini saya mengurusi lagi pembuatan E-Ktp saya, namun kata petugasnya saya masih harus kembali lagi 2 Minggu lagi. Saya mengeluhkan ini,saya sudah lama menunggu masih di buat menunggu lagi”. Kesalnya.

Saat di konfirmasi terkait masalah proses pelayanan penghapusan data ganda tersebut, Kepala Dinas Tamin tidak sedang ada di ruangannya, namun melalui kasi kependudukan Nyoman menyatakan bahwa proses penghapusan data memang butuh waktu lama. Ada beberapa mekanisme yang harus di lalui diantara mengajukan penghapusan lewat surat dan lewat website pusat. Sehingga proses inilah yang membuat pembuatan E-Ktp yang memiliki data ganda itu sedikit lama.

” Memang benar kalau proses penghapusan data itu membutuhkan waktu lebih lama, mengingat kami harus berkirim surat resmi ke pusat dan tentunya lewat website resmi juga. Dari beberapa proses inilah yang membuat penghapusan data ganda menjadi lama”, Ujarnya.

Dalam hal ini, kasi Nyoman menghimbau kepada para pemohon E-Ktp yang memiliki data ganda agar bersabar, mengingat prosesnya memang membutuhkan waktu. Pihaknya juga masih menghubungi pemilik data yang masuk data ganda untuk diproses penghapusan nya.

“Saya harap para pemohon E-Ktp yang memiliki data ganda untuk bersabar menunggu”, harapnya.

Dengan adanya kepemilikan data ganda ini operator pembuat E-Ktp pun menjelaskan bahwa permasalahan ini biasanya muncul di awal perekaman, namun semua sistem yang ada sudah ter- update. Kemungkinan untuk human eror kecil. (SBH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here