Eks Ketua DPP KNPI Rifai Darus : Pemerintah Daerah Mari  Bangun Papua Dengan Hati

JAKARTA, URBANJATIM – Otonumi Khusus (Otsus) Papua yang akan berakhir pada tahun 2021, banyak yang menganggap telah gagal sehingga tidak perlu terlihat. Namun, ada pula yang belum menilai gagal tetapi perlu dievaluasi dan dibuatkan regulasi agar penyalurannya dapat tepat sasaran.

Muhammad Rifai Darus adalah salah satu tokoh Papua yang menilai Otsus ini perlu ada evalusi. Penilaian otsus yang mengasah kesejahteran orang papua memang banyak disalah gunakan untuk memperkaya diri sendiri atau kelomponya.

Meski Ia mengkritisi penerapan otsus, tetapi ia menilai elit-elit sudah banyak dijabat oleh anak-anak asli Papua.

“Para elit papua saat ini sudah banyak dijabat oleh anak Papua asli, mari gunakan kekuatan untuk membicarakam kesejahteraan orang Papua”. Ucapnya saat acara talkshow & diskusi media secara berani bertajuk; Otsus & Masa Depan Papua, Minggu (29/11/2020) siang.

Eks Ketua DPP KNPI ini menambahkan bahwa undang-undang-undang otsus untuk orang Papua tidak berakhir, jika dicabut dengan menerbitkan Perpres. Yang berakhir di tahun 2021, adalah 2% dana alokasi umum dari pemerintah kepada papua.

“Kedepan kita harus menjelaskan UU Otsus dengan kreativitas dan inovasi dari para pimpinan daerah harus ditingkatkan. Saya mengahimbau agar pemerintah daerah, mari bangun Papua dengan hati, bergerak dengan apa yang diprioritaskan. Karena itu amanah ”tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here