RSUD Bondowoso “Tenaga Medis Covid 19 Keluhkan Ruang Isolasi Yang Penuh”.

Urbanjatim.com, Bondowoso – Sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Bondowoso terus berupaya untuk menekan meningkatnya angka pasien Covid 19, segala upaya sudah di lakukan dengan maksimal namun banyaknya masyarakat yang konfirm positif Covid 19 membuat ruang Isolasi 2 rumah sakit rujukan pemerintah Bondowoso penuh. Hal ini pun di keluhkan oleh salah satu tenaga medis Rumah Sakit Umum Koesnadi, Konsekuensi dari penetapan RS rujukan ini adalah hanya di RS tersebut pasien-pasien yang dicurigai covid bisa dirawat dan di ganti biaya klaim perawatannya oleh pemerintah.

Menurutnya, RS lain bisa merawat covid tapi biaya perawatannya tidak bisa di klaimkan artinya ya sama aja gak bisa faktanya, ungkap tenaga medis yang enggan di sebut namanya.

Dalam dua minggu ini, pasien-pasien yang diterima di UGD RS selain RS diatas kesulitan untuk di rujuk ke rumah sakit rujukan diatas mengingat ruang isolasi yang penuh.

Saat di konfirmasi perihal tersebut pada Rabu, 18/11/20 Wadir RSUD Koesnadi dr. Jasin membenarkan hal tersebut, Ruang isolasi untuk pasien Covid 19 sudah penuh. Menurutnya tempat ruang isolasi saat ini sudah 20 byte yang sudah terpakai.

“Memang benar saat ini tempat isolasi untuk pasien Covid 19 sudah penuh,ruang yang kami sediakan 20 byte dan sudah terpakai semua,nanti kalau di tambahkan lagi bisa tidak baik. Saya beharap nantinya ada solusi lain dari Dinkes untuk pasien Covid bisa di rujuk di rumah sakit lainnya”. Ungkapnya.

Sedangkan tempat isolasi yang berada di rumah sakit paru hanya untuk pasien Covid yang tidak ada gejala namun nantinya kalau darurat dan tidak ada tempat lain untuk di jadikan rujukan tidak menutup kemungkinan rumah sakit paru akan di jadikan rujukan.

Sejalan dengan Wadir RSUD Koesnadi, Kepala Dinas Kesehatan Imron menjelaskan bahwa pihaknya saat ini sedang mengupayakan adanya penambahan rumah sakit rujukan baru yaitu rumah sakit Mitra Medika Bondowoso. Namun kadiskes menjelaskan bahwa upaya saat ini untuk mengatasi persoalan penuhnya ruang isolasi tersebut masih ada opsi rujukan lain yaitu rumah sakit umum Situbondo atau kalau tidak bisa ya langsung ke Surabaya.

“Saat ini kami sedang kordinasi dengan rumah sakit Mitra Medika Bondowoso, jika memang siapa kami ajukan untuk di jadikan rumah sakit rujukan pasien Covid 19”. Terangnya. (Hans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here